Mengenal Kota Gresik di Jawa Timur.

Mungkin di antara kalian sudah ada yang pernah berkunjung ke kota ini,atau sekedar mengenal namanya saja.Yang pasti buat saya,Gresik adalah kota yang menyimpan banyak cerita.
Mengenal Kota Gresik di Jawa Timur.

Gresik adalah nama salah satu kota di Jawa Timur yang berbatasan langsung dengan :
  • 1. Selat Madura di sebelah Timur
  • 2. Laut Jawa di sebelah Utara
  • 3. Lamongan di sebelah barat
  • 4. Surabaya,Sidoarjo,dan Mojokerto di sebelah selatan.
Dari tata letak yang sangat strategis inilah,Gresik menyimpan banyak sejarah dan peradaban.Hingga kini banyak di temukan situs-situs bersejarah di kota ini yang masih terpelihara dengan baik.

Agar pembahasan ini tidak melebar,saya fokuskan artikel ini di seputar Gresik kota.
Kota kabupaten Gresik ini sangat padat penduduknya,baik dari warga setempat ataupun warga pendatang yang tinggal dan bermukim menjadi warga Gresik.Hal ini tak lepas dari pertumbuhan industri yang pesat di kota ini.Tak ayal kota Gresik di kenal dengan sebutan "kota industri".

Perusahaan pupuk terbesar yakni industri yang di lakukan oleh perusahaan PETROKIMIA,yang sebagian besar wilayahnya berada di kota Gresik.Lalu di susul oleh industri Semen Gresik, perusahaan kayu,dan masih banyak  perusahaan-perusahaan lain yang berkembang di kota ini.Dari faktor inilah UMK Gresik menempati peringkat tertinggi kedua setelah Ibukota Propinsi Surabaya di Jawa Timur.

Gresik di kenal dengan sebutan "Kota Niaga" karena tata letak kota yang strategis.Di sinilah perniagaan/perdagangan tumbuh pesat.Sejarah perdagangan di kota ini,di awali sejak zaman kerajaan Majapahit sekitar abad 12-15 M.

Gresik yang memiliki wilayah strategis berbatasan laut dan selat ini menjadi pusat pelabuhan utama yang menjadi gerbang utama masuk dan keluarnya perdagangan yang di bawa oleh bangsa Belanda,Portugis,Spanyol,China,India dan Arab di masa lalu.

Hingga saat ini perdagangan di Gresik tetap menempati peringkat tertinggi kedua setelah industri termasuk perhotelan,resto dan kuliner.
Mengenal Kota Gresik di Jawa Timur.

Gresik juga di kenal dengan sebutan "Kota Santri",karena awal saat Islam masuk di pulau Jawa adalah di kota Gresik,yang ketika itu di bawa oleh seorang pedagang sekaligus pendakwah besar yakni Syekh Maulana Malik Ibrahim.Beliau termasuk dalam jajaran Walisongo ( sembilan wali Allah ) yang hingga wafat beliau,di makamkan di kota Gresik ini.

Makam Sunan Gresik,tepatnya berada di perkampungan Arab.Di namakan kampung arab,karena mayoritas penduduk yang tinggal di kawasan tersebut adalah orang-orang Arab.Di sinilah peradaban arab berkembang baik hingga saat ini,terutama dari segi perdagangannya.dan lokasi ini di abadikan sebagai nama jalan yakni Jln. Malik ibrahim.

Islam berkembang di kota ini,dengan datangnya sunan Giri yang kemudian memiliki kerajaan Islam di sana dengan nama "Giri Kedaton".

Banyak sejarah mengatakan peran beliau sangat penting dan luas,bahkan hingga ke luar pulau Jawa.Beliau wafat dan di makamkan di gunung Giri.Banyak peninggalan situs-situs bersejarah hingga saat ini,termasuk salah satunya permainan anak-anak yang masih lestari hingga saat ini,yakni cublak-cublak suweng.

             Mengenal Kota Gresik di Jawa Timur.

Bahkan ibu angkat beliau Nyai Ageng Pinatih pun,di makamkan di kota Gresik.dan masih banyak situs-situs bersejarah islam lainnya di kota ini.

Yang pasti Gresik tak pernah sepi dari kegiatan religi dari sebelum shubuh hingga malam hari.Dari kajian ta'lim,khotmil Qur'an hingga sholawat.Tak ayal banyak yang merindukan suasana yang membuat hati nyaman di kota ini.hehehe,,,,Gresik bumi Sholawat.

Kota Gresik banyak terdapat lembaga pendidikan,terutama Madrasah Ataupun Pondok Pesantren.Sebagian besar warganya mengarahkan anak-anak mereka untuk mengenyam pendidikan dasar di Madrasah,yang nota bene pendidikan agama Islam lebih banyak di utamakan/di peroleh daripada Sekolah Dasar Negeri.

Lembaga Madrasah di Gresik jauh lebih berkembang,karena peminatnya lebih besar dari sekolah negeri.Lembaga Pendidikan Ma'arif adalah lembaga Nahdhtul Ulama' yang bergerak di bidang pendidikan.Lembaga ini menempati peringkat teratas di kota ini,yang kemudian peringkat berikutnya di tempati oleh lembaga pendidikan milik Muhammadiyah.

Untuk destinasi wisata di tengah kota,sebenarnya tidak besar.Namun bila untuk sekedar melepas lelah dan bermain bersama keluarga dengan budget yang memadai,cukup di Alun-alun kota Gresik.Dengan wajah barunya,alun-alun Gresik semakin ramai di kunjungi warga.Uniknya lagi,alun alun terletak tidak jauh dengan makam Syekh Maulana Malik Ibrahim.Jadi kita bisa sekalian menyempatkan waktu untuk berziarah ke makam Waliyullah.
Mengenal Kota Gresik di Jawa Timur.
Letak alun-alun yang strategis dengan tempat-tempat yang lain,membuat pengunjung semakin betah di sini.Di sebelah barat terdapat Masjid Jami' Gresik,sebelah selatan kantor Bupati lama,sebelah timur pemukiman dan pertokoan yang menuju ke arah makam Syekh Maulana Malik Ibrahim,dan sebelah utara adalah kantor Telkom,dan sepanjang jalan menuju pasar besar kota Gresik/ pertokoan.

Tinggal siapkan budget lebih agar bisa menikmati sajian kuliner khas Gresik dan apapun yang menjadi icon kota Gresik.hehee,,,,

Banyak budaya yang akan di temukan pada bulan-bulan tertentu,baik pada bulan Islam ataupun dibulan Masehi.Seperti perayaan "Pasar Bandeng di bulan Ramadhan,parade karnaval agutusan,dan masih banyak yang lain.Yang pasti akan di rindukan dan ingin mengulang bila sudah pernah menikmatinya.

Masyarakat Gresik mengenal toleransi antar umat beragama yang tinggi.Hal ini di buktikan dari lingkungan yang damai meskipun gereja ataupun kelenteng berada di lingkungan yang berbasis Islam.Ini yang membuktikan bahwa Islam benar-benar Rahmatan lil 'aalamiin.

Basis agraria Gresik,berada di pedesaan.Dan tentunya membutuhkan waktu yang cukup lama menuju kesana.Namun di sana akan banyak di temukan destinasi wisata yang wooww,,keren dan juga situs-situs bersejarah lain.

Untuk pembahasannya lain waktu saja ya karena pembahasan kali ini hanya fokus seputaran Gresik kota.

Terimakasih atas atensinya,

Semoga bermanfaat untuk semua
See you next time.😄



0 Response to "Mengenal Kota Gresik di Jawa Timur."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel